Minggu, 27 April 2008

Memulai Usaha

Terus terang, sejak dulu saya sangat ingin punya usaha sendiri. Oleh karenanya saya banyak membaca dan mencari masukan-masukan yang berkaitan dengan kewiraswastaan.

Dari berbagai sumber yang saya pelajari ternyata untuk memulai bisnis sendiri yang harus kita miliki dan lakukan di urutan pertama dan yang terutama adalah: NIAT dan KEBERANIAN untuk memulai. Punya modalpun kalau tidak ada niat dan keberanian, kita akan tetap menjadi kita yang sekarang ini, gak maju-maju …

Tidak perlu menunggu punya modal yang besar. Bahkan dimulai dengan modal Rp. 10,000 pun bisa. Misalnya, dengan uang 10r b kita sudah dapat membeli pisang kepok 1 sisir, tepung, telur, minyak goreng dan jadilah pisang goreng yang dapat kita titipkan di warung tetangga.

Tantangan terbesarnya adalah rasa TAKUT GAGAL. Hal ini akan diperparah lagi dengan lingkungan yang tidak mendukung, misalnya suami, orang tua, dsb. Kita harus mencoba mengatasi perasaan takut ini. Selama kita terus berusaha Insya Allah kita tidak akan gagal.

Berikutnya kita harus menyusun TUJUAN atau TARGET. Ambil buku catatan dan tuliskan target-target kita. Dalam menentukan target kita harus SMART (specific, measurable, achievable, reasonable and timeframe). Artinya harus spesifik, dapat diukur, dapat tercapai, masuk akal dan ada batas waktunya.

Ø Harus spesifik maksudnya, kalau target kita adalah meningkatkan penjualan kurang tepat kalau kita hanya menyebutkan bahwa target kita adalah meningkatkan penjualan. Melainkan harus disebutkan seberapa besar peningkatannya. Misalnya meningkatkan omzet sebesar 15%.

Ø Dapat diukur. Target yang ingin kita capai harus dapat diukur supaya bisa kita monitor pencapaiannya.

Ø Dapat Dicapai dan Masuk Akal Maksudnya dalam menetapkan target jangan terlalu tinggi karena kalau tidak tercapai akan menyurutkan semangat kita. Namun juga jangan terlalu rendah, karena tidak akan mendorong kita untuk maju.

Ø Ada batas waktu. Misalnya meningkatkan omzet sebesar 15% dalam waktu 3 bulan ke depan. Kalau sekarang omzet 20,000 artinya dalam waktu 3 bulan ke depan omzet sudah mencapai 23,000.

Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah SIKAP POSITF. Bangun pagi. Buat jadwal kegiatan harian dan kerjakan. Kedisiplinan, ketekunan akan membawa pengaruh yang besar terhadap kesuksesan kita. Kemampuan memotivasi dan menyemangati diri sendiri sangat menentukan apakah kita akan berhasil atau gagal. Apapun yang kita lakukan usahakan untuk melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Mengembangkan usaha memang sulit, tetapi apabila berhasil akan menjadi suatu pengalaman yang sangat membahagiakan sepanjang hidup. Menjalankan usaha merupakan suatu pengalaman dan proses belajar yang terus-menerus, jadi jangan pernah berhenti belajar. Meskipun tidak ada jalan pintas menuju sukses namun ada satu rahasia untuk dapat mempercepat perjalanan menuju ke sana yaitu dengan “menyontek” (maksudnya belajar dari) langkah-langkah pendahulu kita yang sudah sukes.

Salam sukses ses ses ses !!!


Shoot for the moon, even if you miss you'll land among the stars !!