Selasa, 15 April 2008

Penghasilan dari Blog

Kalau pinjam istilah yang sering digunakan oleh komunitas BundaInBiz, saya sungguh ingin menjadi WAHM (Work From Home Mom). Dimana saya dapat lebih lama secara fisik bersama anak-anak saya, namun juga tetap mendapatkan income yang “cukup”. Di benak saya, business online adalah yang paling memungkinkan.

Nah, apa sajakah yang perlu disiapkan dalam menjalankan business online ini? Apa sih business online itu? Berdasarkan pengamatan saya, ada 2 jenis usaha yang bisa kita jalankan secara online, yaitu:

1. Toko On-line. Yaitu blog yang isinya jualan produk atau jasa. Dalam hal ini blog dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk/jasa. Karena berpromosi secara on-line mampu menjangkau area yang lebih dan sangat luas bahkan tidak terbatas, bukan hanya di area kita saja tetapi juga menjangkau luar kota bahkan luar negeri. Dibandingkan bila kita berpromosi secara off-line, seperti penyebaran brosur, mulut ke mulut, dsb yang daya jangkaunya terbatas.

Dengan berpromosi di toko online, diharapkan semakin banyak orang yang mengenal produk kita, yang mengakibatkan kemungkinan produk kita terbeli juga akan semakin besar.

Untuk jenis usaha on-line seperti ini, kita memperoleh penghasilan dari produk/jasa yang berhasil terjual.

2. Informasi On-line. Yaitu blog yang tidak menjual apapun, melainkan hanya menyediakan informasi. Informasi ini bisa bermacam-macam. Boleh mengenai apa saja. Katanya sih, pada awalnya sebaiknya topiknya disesuaikan dengan minat, hobi, pekerjaan atau keseharian kita. Mengapa?

Karena sesuatu yang kita geluti, alami dan akrab dengan kita sehari-hari tentunya akan lebih mudah untuk disampaikan. Juga, agar kita yakin bahwa yang kita sampaikan itu adalah yang sebenar-benarnya, kalau informasi itu berkaitan dengan pengetahuan umum.

Nah, untuk usaha on-line seperti ini, kita memperoleh penghasilannya dari mana dong (kan kita gak jualan)? Setahu saya, jawabannya adalah dari IKLAN. Bagaimana caranya?

Apabila informasi yang kita sajikan menarik, maka banyak orang akan mengunjungi blog kita. Pengunjung yang banyak ini akan menarik pihak lain untuk beriklan diblog kita. Tentu saja untuk dapat tampil diblog kita mereka harus membayar sejumlah biaya kepada kita.

Contohnya, lihat saja website detik.com, karena informasi yang disajikan menarik, akurat, dan informative, maka detik.com banyak pengunjungnya dan banyak pula pihak yang memasang iklan di sana.

Juga, kita dapat menyediakan ruang untuk iklan dari Google Adsense. Agak sedikit berbeda, karena Google akan membayar kita bukan berdasarkan ruang yang dipakai untuk iklan, tetapi berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengunjung pada iklan Google Adsense yang dipasang diblog kita.

Selain itu juga, apabila tulisan kita bermutu dan bermanfaat, maka akan banyak pihak yang tertarik pada kita, bukan hanya untuk “numpang” pasang iklan saja, tetapi bisa saja untuk order lainnya seperti menjadi nara sumber untuk seminar yang terkait dengan trulisan kita, dsb.

Buat saya, yang paling memungkinkan dan relatif tidak perlu modal adalah yang jenis kedua, yaitu menyediakan informasi online. Jadi kesimpulannya, buatlah blog dan mulailah menulis, lis, lis, lis …

What are you waiting for? (Lope De Vega)